Harga Franchise Kebab Baba Rafi, Cek di Sini

Kebab merupakan salah satu jenis kuliner cepat saji yang cukup populer di Indonesia saat ini. Penganan ini diolah dari potongan daging panggang. Umumnya  daging yang digunakan adalah daging domba atau sapi. Daging panggang ini kemudian dipadukan dengani sayuran seperti tomat, selada dan bawang bombay, lalu diberi mayonaise dan dibungkus dengan kulit tortila.

Makanan khas Timur Tengah yang satu ini, bisa menjadi alternatif pilihan cemilan maupun menjadi hidangan utama saat waktu makan. Salah satu franchise asli Indonesia, Kebab Baba Rafi turut andil dalam mempopulerkan kebab di tengah masyarakat Indonesia. Usaha franchise Kebab Baba Rafi yang dimiliki oleh pasangan suami istri Nilam Sari dan Hendy ini, bahkan telah berhasil menginvasi sembilan negara.

Tidak hanya itu saja, berkat keberhasilannya tersebut Kebab Turki Baba Rafi bahkan mengklaim brandnya sebagai jaringan kebab terbesar di dunia. Nah, berikut ini akan dibahas ulasan lengkap mengenai mengenai franchise Kebab Baba Rafi bagi Anda yang tertarik bergabung dengan usaha waralaba yang satu ini.

Tentang Kebab Baba Rafi

Jauh sebelum menjalankan bisnis kuliner kebab, Nilam Sari dan suaminya Hendy Setiono, pernah berjualan burger dengan media gerobak. Sayangnya setelah sempat laris manis, bisnis burger dengan label Yummy Burger tersebut, akhirnya terpaksa harus berhenti karena persaingan pasar. Keduanya lantas memutar otak guna menghadirkan sesuatu yang baru dan belum ada di tengah masyarakat saat itu.

Keduanya masih ingin berbisnis di bidang kuliner, karena merasa bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil, namun di sisi lain mampu mendatangkan untung yang besar. Hal ini terbukti saat pada tahun 2003, sebelum menjalankan franchise Kebab Baba Rafi, Nilam Sari hanya membutuhkan modal Rp4 juta, untuk membeli gerobak, bahan baku, peralatan sekaligus untuk menyewa tempat.

Kebab Baba Rafi sendiri terinspirasi saat keduanya pergi ke Qatar. Mereka melihat kudapan kebab berkonsep grab and go yang sangat digemari. Pasangan ini kemudian memperkenalkan panganan tersebut dengan cita rasa yang telah disesuaikan dengan lidah khas Indonesia. Alasan pemberian nama dagang “Kebab Turki Baba Rafi” sendiri ternyata cukup sederhana.

Kebab Turki sendiri merupakan representasi kudapan ala Timur Tengah, sementara nama Baba Rafi memiliki arti ayahnya Rafi. Rafi sendiri memang merupakan nama putera dari Nilam Sari dan Hendy. Unik dan mudah diingat, brand ini pun mendulang sukses di tengah bisnis franchise Indonesia. Padahal saat pertama kali franchise Kebab Baba Rafi ini dibangun hanya memakai satu gerobak saja di Surabaya.

Bahkan, karena masih baru, banyak customer yang tidak familiar dan sering mengira produk kebab Baba Rafi adalah sejenis gorengan atau martabak. Namun, seiring waktu penjualan dan bisnis Kebab Turki Baba Rafi pun mengalami peningkatan yang signifikan. Sehingga jajanan ini pun menjadi semakin populer. Saat ini bahkan mulai muncul outlet-outlet sejenis dari berbagai merek.

Sekarang ini, dengan skema bisnis waralaba yang dikembangkannya, jumlah outlet dari franchise Kebab Baba Rafi telah mencapai 1.300 outlet yang tersebar hingga ke berbagai penjuru. PT. Baba Rafi Indonesia,bahkan telah melakukan invasi ke 9 negara yaitu Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Bangladesh, Srilanka, China, dan Belanda.

Menu Kebab Turki Baba Rafi

Sesuai namanya, tentunya kebab menjadi menu utama dari usaha waralaba Kebab Baba Rafi. Tapi tahukah Anda? Meskipun sering disebut kebab, pada dasarnya nama asli makanan ini adalah shawarma. Kebab sendiri sejatinya mengacu pada daging yang dicure dan dimasak dengan panggangan atau skewer. Baba Rafi juga menelurkan inovasi dengan mengikuti tren makanan yang sempat viral, seperti charcoal dough.

Franchise Baba Rafi pun memunculkan menu black kebab. Kudapan yang satu ini menggunakan adonan tortillanya dengan tambahan charcoal yang dikenal baik untuk sistem pencernaan. Bukan hanya itu saja Baba Rafi juga menyediakan menu seasonal berupa burger, french fries, dan roti canai. Bagi Anda penggemar makanan manis, Anda bisa mencoba menu piscok alias pisang coklat.

Harga menu makanan ini bervariasi mulai dari Rp 22 ribu – Rp 35 ribuan yang berlaku untuk menu kebab dan menu seasonal. Sementara untuk menu desert seperti canai atau kebab piscok harganya ditawarkan mulai dari Rp 16 ribu – Rp 19 ribu. Rasa yang lezat dan harga yang bersahabat membuat sajian yang satu ini disukai berbagai kalangan terutama para pelajar dan anak muda.

Metode Pengelolaan, Modal Awal, Dan Omzet Dari Franchise Kebab Baba Rafi

Presiden Direktur Baba Rafi Enterprise, Hendy Setiono menjelaskan bahwa franchise Kebab Baba Rafi mengadopsi dua metode pengelolaan, yaitu reguler dan syariah. Ia juga memaparkan bahwa konsep syariah merupakan konsep bagi hasil. Jadi, Baba Rafi Enterprise dapat membantu pengelolaan outlet mitra yang tidak sempat untuk mengelola bisnisnya secara langsung. adapun sistem pembagiannya adalah 60% untuk mitra dan 40% untuk manajemen.

Adapun mitra Baba Rafi yang memilih untuk menggunakan sistem pengelolaan syariah, tidak akan dikenai biaya royalti. Menariknya lagi, konsep pengelolaan ini juga masih bisa diubah. Baba Rafi akan terus memantau perkembangan outlet mitranya selama 5 tahun masa kontrak. Bagi Anda yang berminat menjalankan bisnis kuliner, waralabaKebab Baba Rafi masih membuka peluang kemitraan sebesar-besarnya.

Franchise Kebab Baba Rafi menawarkan beberapa paket usaha, yang termurah yaitu outlet superhero dengan modal awal sebesar Rp 75 juta. Sayangnya Anda  tidak bisa membuka paket ini di kota-kota besar. Owner usaha waralaba yang satu ini menawarkan paket Black Booth Kebab dibanderol dengan harga Rp 125 juta untuk kota besar. Selain itu ada juga paket Container Kebab.

Container Kebab merupakan salah satu bentuk inovasi dari Kebab Baba Rafi yang menargetkan segmen pasar masyarakat golongan B dan anak muda. Sehingga lokasinya pun harus terletak di tempat-tempat yang strategis. Jika Anda ingin memilih paket ini, maka Anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp 200 juta – Rp 300 juta. Berikut ini rincian lengkapnya.

1.      Outlet Baba Rafi Premium

Modal awal                             : Rp 200 juta

Omzet rata-rata/bulan                         : Rp 45 juta

Laba bersih                              : Rp 9 juta

Estimasi balik modal               : 1,9 tahun

2.      Outlet Container Kebab 1

Moda awal                              : Rp 300 juta

Omzet rata-rata/bulan                         : Rp 90 juta

Laba bersih                              : Rp 23,4 juta

Estimasi balik modal               : 1,4 tahun

3.      Outlet Container Kebab 2

Modal awal                                         : Rp 250 juta

Omzet rata-rata/bulan                                     : Rp 81 juta

Laba bersih                                          : Rp 28,8 juta

Keuntungan kotor bagi hasil 60%       : Rp 17,3 juta

Estimasi balik modal                           : 1,4 tahun

4.      Outlet Container Kebab Cafe

Modal awal                                         : Rp 300 juta

Omzet rata-rata/bulan                                     : Rp 105 juta

Laba bersih                                          : Rp 32,7 juta

Keuntungan kotor bagi hasil 60%       : Rp. 19,6 juta

Estimasi balik modal                           : 1,3 tahun

5.      Outlet Black Booth

Modal awal                             : Rp 125 juta

Omzet rata-rata/bulan             : Rp 30 juta

Laba bersih                              : Rp 7,8 juta

Estimasi balik modal               : 1,4 tahun

6.      Outlet Black Kios

Modal awal                             : Rp 75 juta

Omzet rata-rata/bulan                         : Rp 19,5 juta

Laba bersih                              : Rp 4,8 juta

Estimasi balik modal               : 1,4 tahun

Syarat Menjadi Mitra Franchise Kebab Baba Rafi

Setelah mengetahui gambaran omzet Kebab Baba Rafi di atas, tentunya banyak yang merasa penasaran mengenai apa saja syarat dan fasilitas yang akan diperoleh ketika menjadi mitra usaha waralaba yang sangat populer ini. Nah, berikut ini beberapa persyaratan yang wajib Anda penuhi jika ingin bergabung dengan franchise Kebab Baba Rafi.

  • Perencanaan terkait lokasi outlet berada akan dilakukan oleh tim survey Baba Rafi
  • Mampu dan mau bekerja keras juga berperan aktif dalam menjalankan bisnis Baba Rafi
  • Berkomitmen untuk patuh pada semua standarisasi bisnis dan mengembangkan brand Kebab Baba Rafi
  • Memahami keuntungan dan resiko menjalin kemitraan dengan Kebab Turki Baba Rafi
  • Memiliki modal sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Kebab Baba Rafi.

Adapun fasilitas yang akan didapatkan oleh mitra adalah :

  • Pencarian lokasi usaha yang dilakukan oleh tim surveyor Kebab Baba Rafi
  • Rekrutmen dan pelatihan karyawan dilakukan dari pusat
  • Satu unit outlet dan peralatan perlengkapan outlet
  • Buku SOP dan software keuangan
  • Sistem operasional yang teruji

Cara Bergabung Dengan Franchisee Kebab Baba Rafi

Jika Anda tertarik bergabung dengan franchise Kebab Baba Rafi, Anda akan menjalani beberapa tahapan yang membutuhkan waktu selama 1 bulan. Dimulai dengan presentasi bisnis, menisi formulir calon, membayar commitment fee sebesar Rp 10 juta dan sebagai perlindungan lokasi strategis.

Selain itu, Anda juga akan diberikan penjelasan mengenai jadwal operasional pengerjaan, melakukan survei lokasi, lalu melakukan penandatangan MoU, dan pembayaran dana investasi secara penuh. Setelah itu baru dilakukan penyerahan SOP, pembuatan outlet, pelatihan karyawan, persiapan opening, dan pelaksanaan grand opening.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai franchise Kebab Baba Rafi. Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan usaha waralab yang satu ini, Anda dapat mengakses laman website resmi mereka di https://www.babarafi.com/franchise . Semoga bermanfaat.

About Aqeel Hamizan

Aqeel Hamizan adalah penulis seputar bisnis. Kecintaannya pada dunia bisnis dan penulisan membuatnya memiliki keseriusan di bidang ini. Tekadnya adalah menjadi jurnalis dan pengusaha bisnis yang sukses.

Check Also

outlet franchise bakso boedjangan

Tertarik Gabung Franchise Bakso Boedjangan? Begini Caranya

Salah satu jenis usaha yang tidak ada matinya adalah bisnis di bidang kuliner. Ada banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *