Hari Ini adalah Black Friday, Apa Artinya?

Mungkin hari ini Anda akan sering melihat kata “Black Friday” di media sosial atau di sejumlah toko online. Baik itu toko produk fisik maupun produk digital. Apa itu Black Friday? Apakah di Indonesia ada Black Friday?

Istilah Black Friday sebenarnya populer di Amerika Serikat. Ini berkaitan pula dengan perayaan Hari Thanksgiving.

Di Amerika Serikat, Thanksgiving jatuh pada hari Kamis keempat di bulan November. Nah, Black Friday jatuh pada sehari setelah Thanksgiving. Itu berarti, tahun 2021 ini Thanksgiving dirayakan pada hari Kamis (25/11) dan momen Black Friday hadir di hari Jumat (26/11) hari ini.

Ada juga yang menyebut, Black Friday jatuh pada hari Jumat ke empat setiap bulan November. Dua pernyataan itu benar.

Karena hadir tepat setelah hari Thanksgiving dan menjelang perayaan Natal, Black Friday di AS menjelma sebagai momen yang sangat ditunggu-tunggu untuk berbelanja. Apalagi toko-toko ritel pun memberi diskon besar-besaran. Bahkan hingga 80%!

Secara khusus, Black Friday memang besar di AS. Namun, sejumlah negara pada prosesnya pun ikut “merayakan” momen serupa pada setiap tahunnya.

Apakah ada Black Friday di Indonesia?

Momen Black Friday memang jarang dirayakan di Indonesia. Bahkan bisa dibilang, tidak ada yang merayakan Black Friday di Indonesia. Baik itu masyarakat maupun toko ritel. Hal itu karena tidak ada hari Thanksgiving di Indonesia. Jadi, momen Black Friday tidak ada di Indonesia.

Meski begitu, ada sejumlah perusahaan toko online yang memberikan diskon khusus setiap Black Friday.

Biasanya, perusahaan penyedia domain dan hosting yang merayakan ini. Karena, mereka biasanya terafiliasi dengan perusahaan mitra di Amerika Serikat yang menggelar Black Friday. Hal itu dimanfaatkan oleh sejumlah vendor di Indonesia untuk menarik minat pembeli.

Di Indonesia, momen hari belanja nasional ditetapkan setiap tanggal 12 bulan Desember. Diberi nama Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.

Tak hanya itu, setiap bulan sejumlah perusahaan ecommerce menggelar momen khusus belanja dengan banyak diskon pada tanggal yang angkanya sama dengan angka bulan. Misal momen 6.6 untuk tanggal 6 Juni, 10.10 untuk momen belanja tanggal 10 Oktober, 11.11 dan seterusnya hingga puncaknya 12.12 yaitu Harbolnas di tanggal 12 Desember. Nah, apakah Anda sudah persiapan untuk Harbolnas? Mau jualan atau belanja?

About Aqeel Hamizan

Aqeel Hamizan adalah penulis seputar bisnis. Kecintaannya pada dunia bisnis dan penulisan membuatnya memiliki keseriusan di bidang ini. Tekadnya adalah menjadi jurnalis dan pengusaha bisnis yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.