Mengenal Franchise Hisana Fried Chicken yang Kriuk dan Lezat

Hisana Fried Chicken telah menjadi sebuah merek kuliner ayam goreng lokal yang cukup terkenal. Ayam goreng olahannya memiliki rasa yang cukup enak. Pastinya tidak akan kalah bila dibandingkan dengan franchise kuliner dari luar negeri, seperti Mc Donalds ataupun Kentucky Fried Chicken.

Selain rasanya yang enak, Hisana Fried Chicken memiliki banyak penggemar karena menjual panganan dengan harga yang terjangkau. Hisana Fried Chicken mengusung konsep yang simpel, sehingga menjadi faktor lain yang membuat banyak orang ingin bekerjasama untuk membuka franchise. Sebelum meneruskan niat, silahkan simak prospek dan cara daftar franchise ini.

Mengenal Franchise Hisana Fried Chicken

Di Indonesia, aneka franchise spesial ayam goreng siap saji mulai bertebaran sejak tahun 2006. Berbagai merek ayam goreng lokal seperti Rocket Chicken, Sabana, Popeye, Olive, dan masih banyak lagi, bermunculan untuk merebut perhatian pasar. Merek-merek lokal, termasuk franchise hisana fried chicken, semakin berkembang kian hari, dan menunjukkan prospek cerah dari usaha kuliner ini.

Walaupun banyak merek yang berhasil menangguk keuntungan fantastis, namun pada kenyataannya banyak juga yang gagal berkompetisi sehingga harus menutup usahanya. Lantas, bagaimana dengan Hisana Fried Chicken? Bagaimana peluang usaha franchise yang ditawarkannya? Sebelum membahas hal tersebut, mari simak dahulu sejarah awal berdirinya perusahaan ini.

Sejarah Franchise Hisana Fried Chicken

Franchise hisana fried chicken adalah usaha kuliner yang berfokus pada ayam goreng siap saji. PT. Selanhoje Jaya Abadi yang dipimpin oleh seorang seorang pengusaha bernama Tatang Suharta resmi meluncurkan merek ini pada tahun 2005. Tatang Suharta membuat teknik berjualan yang simpel untuk merek ini, yaitu menggunakan konsep gerobak.

Akibat konsep ini, maka pelanggan yang berniat membeli Hisana Fried Chicken hanya bisa memesan menunya untuk dibawa pulang (take away). Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya merek, banyak lokasi franchise yang akhirnya menambahkan konsep dine-in (makan di tempat). Lokasi ini umumnya berada di dalam ruko-ruko kecil.  

Melalui sebuah wawancara, pendiri franchise hisana fried chicken, Tatang Suharta, menjelaskan tentang alasan konsep usaha ini. Cara berjualan menggunakan gerobak memang sudah menjadi idenya sejak lama. Tatang ingin membangun sebuah bisnis lokal yang memiliki laba besar namun berbiaya rendah. Tujuannya adalah hendak menyaingi para market leader franchise ayam goreng seperti McDonalds dan Kentucky Fried Chicken.

Memiliki sebuah usaha dengan pesaing kelas kakap yang telah mendunia tentu tidak mudah. Jatuh bangun dalam mengembangkan bisnis telah dirasakan oleh pendirinya. Walaupun telah berdiri sejak tahun 2005, Hisana Fried Chicken baru berkembang pesat pada tahun 2015 hingga 2017-an. Beruntungnya, pada masa itu tren makanan siap saji dengan merek lokal memang sedang gencar-gencarnya di pasaran.

Sampai dengan tahun 2016, merek ini telah memiliki kurang lebih 630 buah outlet franchise yang tersebar di 11 provinsi di seluruh Indonesia. Tatang Suharta menargetkan berdirinya 2000 buah outlet franchise hisana fried chicken pada tahun 2020. Namun, hingga kini masih belum ada keterangan yang menjelaskan apakah target tersebut berhasil tercapai atau belum.

Bagaimana cara Hisana Fried Chicken menjalankan perusahaannya? Tatang Suharta menerapkan konsep perusahaan secara Syariah yang sangat bermanfaat bagi para pegawainya. Bagaimana prinsip perusahaan Syariah yang diusung oleh Hisana Fried Chicken? Mari lanjutkan menyimak penjelasannya di bawah ini.

Konsep Perusahaan Hisana Fried Chicken

Ide franchise hisana fried chicken menjalankan bisnis perusahaan dengan konsep Syariah yang dapat menguntungkan para pegawainya. Pada bisnis yang dijalankan Hisana Fried Chicken, setiap pegawainya bisa jadi bukan sebagai orang bayaran yang menerima upahnya setiap bulan. Perusahaan membuka peluang bagi setiap pegawai untuk memiliki saham di Hisana. Penghasilan mereka akan diperoleh dari bagi hasil yang dilakukan secara transparan.

Oleh karenanya, pegawai tersebut bukan lagi orang bayaran, melainkan bertindak sebagai partner perusahaan. Tatang berpendapat, jika seorang pegawai mendapatkan kesempatan menjadi pemegang saham, maka mereka akan menjadi lebih setia terhadap perusahaan. Para pemilik saham akan mempunyai rasa kepemilikan yang tinggi terhadap perusahaan. Pada kelanjutannya, mereka dapat termotivasi untuk selalu maju serta menghasilkan inovasi baru.  

Saat menjalankan sistem perusahaan ini, Tatang mengaku tidak melakukan riba. Para pegawai yang memiliki saham di Hisana berhak memiliki bukti kepemilikan saham franchise hisana fried chicken. Pemegang saham berhak menerima pembayaran dividen sesuai jangka waktu yang telah disepakati. Pembagian keuntungan dan sistem pelaporan dilakukan Hisana secara terbuka dan sesuai syariat.

Mengapa Hisana Fried Chicken Mampu Berkembang?

Menurut pendirinya, penyebab berkembangnya usaha franchise ini adalah karena adanya motivasi dan keinginan yang sangat besar untuk selalu melakukan inovasi. Hisana juga selalu memerhatikan faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjadikan mereka sebagai pelanggan yang setia.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan franchise hisana fried chicken menjadi usaha waralaba yang terkenal di Indonesia antara lain adalah:

  • Menghadirkan menu makanan yang telah dikenal luas oleh masyarakat dengan rasa yang lezat
  • Bahan baku dan bumbu yang terjaga kualitasnya
  • Selalu berusaha melakukan inovasi dalam hal menu maupun strategi pemasaran
  • Pelayanan yang ramah, cepat, efisien dengan mengutamakan kenyamanan pelanggan
  • Kebersihan outlet yang selalu terjaga
  • Harga menu yang sangat terjangkau
  • Memiliki pikiran yang terbuka dalam menerima segala bentuk komplain dan masukan yang bersifat membangun bagi perkembangan bisnis.

Hisana mengklaim bahwa semua bahan baku dan bumbu yang mereka pakai telah terjamin kualitas dan kehalalannya. Bahan baku ayam berasal dari rumah potong yang telah memegang sertifikat halal dari MUI. Adapun bumbu yang digunakan untuk mengolah merupakan produksi sendiri yang juga telah mengantongi sertifikat halal dari LPPOM MUI.

Tatang percaya bahwa dalam bisnisnya, faktor-faktor di atas, terutama rasa makanan merupakan penentu utama majunya bisnis ini. Oleh karena itu, franchise hisana fried chicken selalu berusaha menyajikan menu makanan dengan rasa terbaik. Franchise ini juga tetap konsisten memberikan harga yang miring agar selalu terjangkau oleh para pelanggannya.

Menu Hisana Fried Chicken

Konsisten dengan prinsipnya sebagai franchise ayam goreng terenak dan termurah, Harga makanan yang dibanderol oleh Hisana biasanya berkisar antara 12 ribu hingga 17 ribu rupiah. Pelanggan bisa memilih menu paketan atau Ala Carte. Bagi yang belum paham, Ala Carte berarti setiap menu yang dipesan memiliki harga sendiri-sendiri. Jadi, bukan merupakan satu set harga seperti menu paketan.

Berikut adalah deretan menu murah namun mengundang selera yang ada di franchise hisana fried chicken:

  • Dada ayam                                    Rp12.000,00
  • Paha ayam atas                              Rp10.000,00
  • Sayap ayam reguler crispy            Rp9.000,00
  • Paha ayam bawah crispy               Rp9.000,00
  • Crispy chicken strips                     Rp5.000,00

Selain menu di atas, Hisana juga menyediakan menu paketan dan jenis makanan lain yang tak kalah lezatnya. Harganya bisa berbeda-beda di tiap daerah, namun tetap saja masih tergolong murah. Inilah beberapa menu yang disajikan oleh Hisana Fried Chicken:

  • Kentang                            Rp8.000,00
  • Steak Crispy Chicken       Rp15.000,00
  • Paket keluarga                   Rp63.000,00
  • Paket berdua                     kurang dari Rp30.000,00
  • Paket winger                     kurang dari Rp30.000,00
  • Paket ayam geprek            kurang dari Rp20.000,00
  • Nugget Crispy                   kurang dari Rp3.000,00
  • Bakso Crispy                     Rp1.500,00
  • Ceker Crispy                     Rp1.500,00

Hisana Fried Chicken dapat menjadi perusahaan kuliner yang semakin berkembang karena mengusung konsep yang cukup unik. Melihat prospek yang dimiliki oleh Hisana, tentu banyak orang yang menjadi tertarik untuk membeli franchise merek ini. Apakah syarat untuk bisa bergabung dengan Hisana Fried Chicken? Mari simak bersama-sama.

Persyaratan untuk Mendaftar Franchise Hisana Fried Chicken

Jika ingin bergabung dengan tim franchise Hisana, maka calon rekanan harus mengajukan proposal kerjasama. Proposal tersebut antara lain berisi pengajuan lokasi yang akan dijadikan tempat usaha. Pihak Hisana nantinya akan melakukan survey lokasi untuk menentukan apakah tempat tersebut sesuai dengan target pasar dan berpotensi untuk berkembang.

Akan tetapi, para peminat franchise ini harus kecewa. Pasalnya, Hisana telah membuat pengumuman di media sosial resmi milik perusahaan bahwa mereka tidak lagi membuka kerjasama franchise. Namun, jika masih ingin mencoba, silahkan susun proposal pengajuan kerjasama sebaik mungkin lalu ajukan kepada pihak manajemen. Siapa tahu proposal yang menarik dan memiliki prospek baik akan dapat menarik perhatian pihak manajemen.

Meski Hisana sudah menutup kerjasama, sebenarnya masih banyak franchise lain yang bisa dijadikan alternatif. Anda bisa mencari tahu di situs web atau media sosial tentang perusahaan yang masih membuka sistem franchise. Berikut adalah beberapa alternatif usaha yang bisa menjadi pertimbangan.

About Aqeel Hamizan

Aqeel Hamizan adalah penulis seputar bisnis. Kecintaannya pada dunia bisnis dan penulisan membuatnya memiliki keseriusan di bidang ini. Tekadnya adalah menjadi jurnalis dan pengusaha bisnis yang sukses.

Check Also

outlet franchise bakso boedjangan

Tertarik Gabung Franchise Bakso Boedjangan? Begini Caranya

Salah satu jenis usaha yang tidak ada matinya adalah bisnis di bidang kuliner. Ada banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.