Peluang Usaha Franchise Potato Corner, Cara Buka dan Harganya

Apakah bisnis franchise kentang masih mempunyai peluang bagus? Secara sekarang ini banyak brand-brand yang siap bersaing untuk menjajakan kentang dengan berbagai varian serta rasa yang bisa menjadi pilihan. Nah, sebelum skeptic, yuk kenalan dengan franchise Potato Corner.

Franchise ini memiliki tagline “World best flavoured fries” muncul sebagai brand yang siap bersaing dengan brand mana pun di dunia. Apalagi kandungan karbohidrat pada kentang cukup baik untuk yang sedang menjalankan program diet. Walaupun, kentang jarang menjadi makanan utama karena sering dikonsumsi sebagai makanan pelengkap di beberapa negara.

Sebuah brand franchise Potato Corner menangkap peluang ini untuk menyajikan kudapan berbahan kentang sebagai jualannya. Meskipun, beberapa brand seperti Potato King, Montato, dan Kriwil Potato menjual menu kentang juga. Menjual kentang dengan perasa dilakukan oleh brand ini serta menyuguhkan dengan berbagai varian cut kentang sesuai selera.

Dengan begitu, sajian kentang bukan hanya kentang potongan shoestring yang sering ditemui dan disantap di gerai KFC maupun McD. Brand ini ternyata menyajikan kentang untuk bisa dinikmati dengan potongan besar,wedges, dan hashbrownies. Wah, menarik sekali, namun bagaimana peluang usahanya? Berapa yang harus dibayarkan, syarat, dan harga franchise ini?

Mengenal Tentang Potato Corner

Brand frienchise Potato Corner bukanlah dari Indonesia tetapi berasal dari Filipina dan muncul pertama kali tahun 1992. Pendiri dari brand ini adalah Joe Magsaysay bersama istri. Mereka membuaka 1 stall di SM Megamall, Mandaluyong, Manila. Sang instri lalu menemukan dua orang yang bersedia menjadi investor. Pada akhirnya, mereka berempat menjabat sebagai owner dari brand ini.

Owner kelima pun masuk pada tahun 2001 dan resmi mendirikan perusahaan Cinso Corporation. Membawahi brand ini, perusahaan pun mengoperasikan dengan sistem franchise. The Philippine Franchise Association dan Departement of Trade and Industry memberikan penghargaan. Brand ini memperoleh penghargaan pada Franchise Excellence Hall of Fame Award tahun 2003 juga berturut-turut selama 3 tahun.

Brand kentang goreng dari Filipina ini sudah membuka usaha di 25 negara dan Indonesia salah satunya. 6 kota besar di Indonesia sudah membuka stall dan  stidaknya 113 outlet maupun stall di tahun 2021. Jadi, kalau ingin mencicipi sudah bisa sesuai dengan gerai di mana saja, sehingga tidak penasaran lagi.

Anak-Anak Sebagai Bidikan Target Market

Pada segi usia maka sasaran market adalah anak-anak dan untuk sasaran utamnya adalah kalangan bawah. Brand franchise ini sudah mempersiapkan hal tersebut melalui desain warna warni juga ada maskot bernama spudster yang lucu. Oleh karena itu, franschise ini sudah berhasil memikiat hati anak-anak bukan hanya di Filipina saja tetapi di berbagai negara.

Potato Corner memikat anak-anak dengan menjual borongan di acara ulang tahun, namunhanya untuk ulang tahun saja selain acara itu tidak menerima borongan tetapi retail. Oleh karena itu, kehadiran menu kentang di acara anak-anak akan menambah kebhagiaan dan keceriaan mereka, sehingga acara semakin meriah.

Menu yang Disajikan Dari Potato Corner

Ragam menu yang tersedia menyertai harga yang dibandrolnya. Pada ukuran memperngaruhi keragaman harga. Kemudian pada semua tipe cutnya memiliki harga yang sama. Misal untuk shoestring, hashbrownies, wedges, dan pom-pom. Semua menu pada brand ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau  

Produk Potato corner dari brand ini mulai ditawarkan dengan harga Rp 22 ribu porsi paling kecil atau large. Lalu, memanjat satu level ke ukuran jumbo harga Rp 32 ribu rupiah, porsi Mega Rp 32 ribu rupiah. Pada . porsi Giga Rp 60 ribu serta porsi Tera seharga Rp 6 ribu rupiah. Ada juga 4 rasa yang sudah dikenal umum atau core. Seperti original barbeque, keju,sour cream , dan spicy barbeque

Tidak ketinggalan juga menghadirkan rasa spesial dengan 20 pilihan, yaitu coklat, kimchi, wasabi, maple bacon, cabai jeruk nipis, kayu manis, dan honey butter. Kemudian, butter garlic, ketchup mayo, blue cheese, cookies and ream, kari, spicy cheese, seafood, paprika, dan ranch. Ada lagi white cheddar, sweet corn, truffle, dan sweet and sour.

Bisa juga rasa tersbut tidak tersedia di beberapa outlet Potato Corner karena mengikuti pasar serta pola konsumsi pada masyarakat di sebuah tempat. Rasa coklat, maple bacon, ranch, truffle kemungkinan tidak bisa dinikmati dan tidak bisa ditemukan di Indonesi. Jadi, siap untuk menerima rasa yang tersedia untuk wilayah Indonseia dan umum dikonsumsi oleh masyarakat, sehingga franchise tetap berjalan dengan baik.

Franchise Potato Corner Memiliki Persyaratan

Berminat untuk bergabung dan membuka outlet di Indonesia harus mengikuti beberapa step untuk dilakukan. Mendirikan franchise di Indonesia maupun negara lain memang harus menggunakan prosedur yang sesuai dari perushaan fanchise ini. Ikuti cara yang harus dilakukan berikut:

  1. Melakukan pengajuan surat permintaan waralaba, portopolio binis, copy passport, dan surat izin dari pemerintah yang bersangkutan.
  2. Mempunyai lokasi atau bayangan lokasi, harga sewa, perizinan, karyawan, dan lainnya yang Anda tanggung.
  3. Menunggu respon pihak brand dan bisa jadi diminta interview melaui online. Apabila sudah disetujui dan melakukan pembayaran, kemudian melakukan persiapan operasional.
  4. Membuka waralaba internasional dengan barand Potato Corner, maka satu franchise minimal poltting 3 lokasi sebagai syarat mutlak apabila ingin membuka usaha ini.
  5. Pada harga untuk paket waralaba dari Filipina untuk negara asing dibandrol kisaran 3,6 sampai 5 juta peso. Apabila di hitung dengan rupiah sekitar 1, 2 miliar dengan mendapatkan 3 outlet.

Mengambil Peluang Bisnis Pada Alternatif Brand Lokal

Beban berat ketika akan membuka usaha franchise dengan langsung membeli 3 gerai outlet dari Filipina, sehingga lebih memilih untuk mencari alternatif lain. Bisa juga merujuk pada waralaba lokal yang juga bagus dan bisa bersaing, yaitu D’Crepes, Gildak, maupun Tahu Go. Anda tinggal memilih sesuai keinginan dan cocok.

Selain potato corner, ada bisnis minuman bisa juga Anda pilih dan menarik sebagai bisnis, yaitu Sasame Coffee, King Boba, Fremilk, dan lainnya. Harga franchise dari brand tersebut termasuk ekonomis namun produk bagus. Nah, itu dapat menjadi alternatif dari franchise dari luar negeri.

Mencari bisnis dengan modal terjangkau tentapi memiliki prospek yang cukup bagus bisa dengan produk lokal. Jika ingin membuka usaha kentang selain dari perusahaan waralaba, maka bisa menggunakan produk dalam negeri. Hal itu, akan lebih menghemat modal tetapi kualitas bisa bersaing. Semoga bermanfaat.

About Aqeel Hamizan

Aqeel Hamizan adalah penulis seputar bisnis. Kecintaannya pada dunia bisnis dan penulisan membuatnya memiliki keseriusan di bidang ini. Tekadnya adalah menjadi jurnalis dan pengusaha bisnis yang sukses.

Check Also

gelas twin cup minuman dua rasa viral

Ide Baru, Jual Minuman dalam Twin Cup Supaya Pelanggan Tak jenuh

Ide usaha bisa datang dari mana saja. Bisa dari inovasi, kreatifitas atau justru dari kejenuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.